ANALISIS PENGARUH PROFITABILITAS, PELUANG PERTUMBUHAN DAN LIKUIDITAS TERHADAP STRUKTUR MODAL PERUSAHAAN CONSUMER GOODS YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2012-2016

Budy Fitriany, Ani Nuraini

Abstract


Perusahaan Consumer goods merupakan perusahaan yang menghasilkan berbagai macam produk seperti makanan, minuman, kosmetik, obat-obatan dan produk lainnya yang masih dalam bauran barang-barang yang dibutuhkan secara rutin dan terus-menerus oleh masyarakat. Sektor ini cukup produktif dan cukup stabil serta tidak terpengaruh oleh musim ataupun perubahan kondisi perekonomian.          

Namun membutuhkan modal/dana besar untuk mengembangkan produknya serta melakukan ekspansi pasar sehingga akan mempengaruhi keputusan struktur modal atau pendanaan suatu perusahaan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas peluang pertumbuhan dan likuiditas terhadap struktur modal, secara simultan dan parsial pada perusahaan consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2016.

Sampel penelitian menggunakan metode purposive sampling, terdiri dari 8 perusahaan dari 37 perusahaan consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2016 yang diperoleh dari laporan keuangan tahunan perusahaan consumer goods tahun 2012-2016. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan termasuk penelitian explanatory research dengan teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda, koefisien determinasi, korelasi product moment dan uji hipotesis dengan uji t dan uji f dan tingkat signifikansi 5% .

Berdasarkan hasil penelitian menggunakan program Eviews menyimpulkan bahwa variabel profitabilitas (X1) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap struktur modal (Y). dengan nilai signifikan (0,0036 < 0,05)artinya Ha diterima karena berpengaruh signifikan terhadap variabel struktur modal (Y).  Variabel peluang pertumbuhan (X2) mempunyai pengaruh  yang positif dan tidak signifikan (0,9954 > 0,05) Ha ditolak, Artinya peluang pertumbuhan (X2) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap struktur modal (Y). Dan juga variabel likuiditas(X3) berpengaruh negatif dan tidak signifikan (0,1668 > 0,05) H0 ditolak, artinya likuiditas (X3) berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap struktur modal.


Keywords


Profitabilitas, Peluang Pertumbuhan, Likuiditas, Struktur Modal

Full Text:

PDF

References


Riduwan, 2010. Metode dan Teknik Menyusun Tesis, Alfabeta, Bandung.

Brigham dan Houston, 2010. Dasar – Dasar Manajemen keuangan, edisi 11, buku 1, Salemba empat, Jakarta.

Brigham dan Houston, 2011. Dasar – Dasar Manajemen Keuangan, edisi 11, buku 2, Salemba empat, Jakarta.

Ghozali, Imam dan Dwi Ratmono, 2013. Analisis Multivariat dan Ekonometrika, teori, konsep dan aplikasi dengan e-views 8, UNDIP, Semarang.

Ridwan dan Inge, 2001. Manajemen Keuangn Satu, edisi ketiga, PT Prenhallindo, Jakarta.

Jurnal :

Indra Wahyu Setyawan, Arief, Topowijono dan Firdaus Nuzula, Nila. 2016. “Pengaruh Firm Size, Growth Opportunity, Profitability, Business Risk, Effective Tax Rate, Asset Tangibility, Firm Age dan Liquidity terhadap Struktur Modal Perusahaan” administrasibisnis.student journal.ub.ac.id/ (download.portalgaruda.org).

Primantara, A.A Ngr Ag Ditya Yudi dan Dewi, Made Rusmala. 2016. “Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas, Risiko Bisnis, Ukuran Perusahaan, Dan Pajak Terhadap Struktur Modal”. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol.5, No.5, 2016: 2696-2726.

Dwi Affandi, Rizal, 2016. “Pengaruh Profitabilitas, Growth Opportunities, Likuiditas dan Tangibility terhadap Struktur Modal pada Perusahaan Sektor Infrastruktur, Utilitas dan Transportasi yang terdaftar di BEI periode 2011-2014.

Oktarina, Famela. 2015. “Pengaruh Growth Opportunity dan Tax Shield terhadap Struktur Modal dan Kinerja Keuangan Perusahaan (Study pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di BEI pada periode 2009-2012).




DOI: https://doi.org/10.35842/ltp.v6i2.56

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats