DIRECTIVE SPEECH ACTS IN BLACK HAWK DOWN

Dedi Candra, Devi Rosmawati, Tri Septa Nurhantoro

Abstract


Penelitian ini menganalisa ujaran dari setiap karakter dalam film Black Hawk Down yang difokuskan pada jenis tindak tutur direktif dan pengaruh konteks situasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan pendekatan analisis isi. Sebagai bagian instrument penelitian, peneliti menerapkan tindak tutur dari Searle dan teori konteks situasi dari Haliday. Hasil penelitian menunjukan terdapat 369 data tindak tutur direktifyang didominasi jenis command sebanyak 211 data (57.18%), order sejumlah 62 data (16.80%), request sejumlah 55 (14.91%), dan suggestion sejumlah 41 data (11.11%). Ditemukan juga mode ‘face to face dan tenor Staff Sergeant Matt Eversmann paling sering muncul dalam film, sedangkan field didominasi perang. Kesimpulan yang dapat ditarik yaitu command adalah tindak tutur yang paling  mendominasi dalam Black Hawk Down karena objek penelitian adalah film perang, dimana didalamnya prajurit yang memiliki pangkat lebih rendah harus mematuhi perintah dari yang memiliki pangkat lebih tinggi.


Keywords


tindak tutur direktif, kontek situasi situational context, film Back Hawk Down

Full Text:

PDF

References


Bowden, M. (2010) Black Hawk Down: A Story of Modern War. New York: Grove Press.

Halliday, M. A. K. and Hasan, R. (1994) Bahasa, Konteks dan Teks: Aspek – Aspek Bahasa Dalam Pandangan Semiotik Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada Univerity Press.

Halliday, M. A. K. and Martin J. R. (1993) Writing Science Literary and Discursive Power. Pittsburgh: Pittsburgh University Press.

Kesuma, T. J. M. (2007) Pengantar (Metode) Penelitian Bahasa. Yogyakarta: Carasvatibooks.

Microsoft Corporation. (2008) Microsoft Encarta and Student Program Manager. Redmond, Washington, DC: One Microsoft Way.

Moleong, L. J. (2002) Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Schauer, A. G. (2009) Interlanguage Pragmatic Development. New York: Continuum International Publishing Group.

Sudaryanto (1993) Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Yule , G. (1996) Pragmatic. Oxford: Oxford University Press.




DOI: https://doi.org/10.35842/ltp.v6i2.62

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats